BELAJAR MEMAHAMI PROGRAM GOOD CORPORATE GOVERNANCE (21)

Good Corporate Governance  atau tata kelola perusahaan yang baik memiliki prinsip-prinsip TARIF yaitu suatu bentuk akronim dari T= transparansi; A=akuntabilitas; R= responsibilitas; I=Independen dan F = fairness (kewajaran). Prinsip adalah dasar yang harus dipegang dan menjadi pedoman perusahaan dalam melangkah ke arah/jalan yang dituju yaitu visi dan misi perusahaan.

Prinsip-prinsip ini dijelaskan sebagai berikut :

 

Transparansi artinya keterbukaan  dalam hal ini diartikan sebagai keterbukaan informasi, baik dalam proses pengambilan keputusan maupun dalam mengungkapkan informasi material dan relevan mengenai perusahaan

 

Akuntabilitas adalah kejelasan fungsi, struktur, sistem dan pertanggungjawaban organ perusahaan sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif.

 

Responsibilitas adalah kesesuaian (kepatuhan) di dalam pengelolaan perusahaan terhadap prinsip korporasi yang sehat serta peraturan perundangan yang berlaku . Peraturan yang berlaku di dalam hal ini termasuk berkaitan dengan masalah pajak, hubungan industrial, perlindungan lingkungan hidup.

 

Independen (kemandirian) adalah suatu keadaan dimana perusahaan dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh /tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.

 

Fairness (kesetaraan dan kewajaran). Secara sederhana kesetaraan dan kewajaran bisa didefinisikan sebagai perlakuan yang adil dan setara di dalam memenuhi hak-hak stakeholder yang timbul berdasarkan perjanjian serta peraturan perundangan yang berlaku. Fairness juga mencakup adanya kejelasan hak-hak pemodal, sistem hukum dan penegakkan peraturan untuk melindungi hak-hak investor khususnya pemegang saham minoritas- dari berbagai kecurangan.

 

Prinsip-prinsip di atas diimplementasikan perusahaan sebagai pedoman pengembangan kerangka kerja legal, institusional dan regulatori untuk tata kelola perusahaan yang baik. Semoga bermanfaat!

 

 

Totok Sudarto

Pjs. Askabag GCG & MR

Bagian Sekretaris Perusahaan

PTPN XII (Persero)

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter

Add comment


Security code
Refresh